Kenalan dengan BlazeDS

BlazeDs adalah sebuah message adapter untuk flex dan java, BlazeDS ini bisa menterjemahkan objek dari java ke actionScript dan sebaliknya. BlazeDS mengggunkan protokol yang disebut dengan Action Message Format (AMF) untuk mengirim data kembali dan seterusnya. AMF mempunyai format binary yang artinya mempunyai pesan yang lebih kecil dibandingkan dengan pesan XML, sehingga hasilnya lebih baik dalam hal performance daripada webservice SOAP. Dasar dari Blaze diambil dari java bean (kelas value objeck), dan merubahnya menjadi sesusai dengan ActionScript Value Object. Blaze menggunakan refleksi untuk mencari kepingan bean apa saja untuk di serialize. Selama refleksi blaze menggunakan java.bean.PropertyDescriptor untuk menentukan apakah  field berlaku untuk serialisasi. pada dasarnya itu berarti semau getter yang match dengan setter diserialisasi. sehinga getCostumerName() harus cocok dengan setCostumerName(String n) untuk bisa diserialisasi.

BlazeDS merupakan open source, tersedia secara free. BlazeDS didesain untuk mengirimkan data dan memproses pesan dari apllikasi Flex runtime. BlazeDS memiliki fitur sebagia berikut:

  • Proxy Service, mendukung proxy HTTP request dan merespon antara aplikasi Flex dan remote Service. Service ini umumnya digunakan saat komunikasi langsung antara client dan server dilarang karena masalah cross-domain security
  • Remoting Service, adalah sebuah server-side gateway yang memperbolehkan aplikasi Flex untuk memanggil method kelas server-side java menggunakan binary AMF
  • Message Service, Mendukung kolaborasi antara aplikasi Flex melalui arsitektur pesan hub-and-spoke. Aplikasi Flex mengirim pesan ke BlazeDS, dan BlazeDS menyebarkan pesan tersebut ke client yang terhubung.

Download BlazeDS

Referensi : Enterprise Flex with BlazeDS, Brian Telintelo (2009)


0 komentar:

Posting Komentar