FLEX VS AJAX !!!

AJAX atau Asynchronous JavaScript and XML hampir sama dengan Flex, AJAX dan FLEX sama2 sebuah framework yang bisa mengkompile bahasa script menjadi tampilan GUI dalam rich internet application (RIA). Basic bahasa AJAX adalah javascript jadi bahasanya mirip-mirip javascript sedangkan, sedangkan FLEX berorientasi pada MXML yang bahasa seperti bahasa XML. AJAX dan FLEX dibuat dari bahasa yang sama yaitu java. Mungkin dari segi kecepatan time respond dan compile AJAX lebih cepat dibandingkan FLEX karena tampilan AJAX lebih sederhana dibandingkan FLEX. Browser menggunakan Flash player 9 agar bisa menampilkan FLEX menjadi GUI application dan ActiveX untuk menampilkan AJAX. Secara garis besar AJAX lebih unggul dalam hal kecepatan dibandingkan FLEX, tetapi jika kecepatan bandwith internet di semua negara selain amerika, jepang, malaysia sudah cepat maka tidak menutup kemungkinan FLEX akan lebih unggul dikarenakan tampilannya merupakan Flash. Dalam milis babaflash(babaflash@yahoogroups.com), keuntungan AJAX adalah sebagai berikut :
1. Dalam pengembangan lebih mudah dan terstruktur
-Bisa membuat function/class dlm file-file terstruktur.
-function tersebut bisa dipanggil kapan saja walaupun letak file berbeda, artinya
-setiap modul juga tetap dapat dibuat terpisah.
2. membuat web database juga tetap mudah.
-Proses query bisa di atur sedemikian rupa dalam function tersendiri.

Lihat lebih detail AJAX di http://en.wikipedia.org/wiki/AJAX
Contoh AJAX lihat di link
Contoh website yang menggunakan AJAX
Keuntungan dari Flex itu sendiri adalah dari tampilan dan kompatibilitas yang di hasilkan, dan saat ini flex 3 sudah mengintegrasikan bahasa java dan coldfusion kedalam framework flex.
oke sekian dulu..see next page.
..................we need u attention to develop flex


8 komentar:

  1. Rio

    Wah baru2 ini Adobe merilis AIR (dulu Apollo namanya), dg AIR kita bisa menikmati FLEX tanpa bantuan browser loh

     
  2. Mr. Bear

    Saya hanya mengamati bahwa masing-masing piranti lunak punya keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Apollo ato AIR serupa dengan fungsi Flex dan Ajax, tetapi supporting masing-masing berbeda, tinggal di sisi user menyikapinya. Ada yang user friendly menurut A belum tentu user friendly menurut B. Mendingan kita saling tukar menukar pengalaman menguasai masing-masing PL agar wawasan kita lebih lengkap. Itu tujuan blogger, betul gak mas Anwar dan Rio?

     
  3. TB Saepul Anwar

    untuk mas rio, memang benar baru2 ini adobe merilis Adobe Integrated Runtime (AIR)yang mendukung SQL Lite dan Actionscript API, AIR dikembangkan untuk bahasa Flex, Ajax, HTML, Javascript, dan Flash. SDKnya dapat di download di http://labs.adobe.com/downloads/airsdk.html. untuk mr. bear saya setuju jika blog ini jadi wahana untuk saling share ilmu dan pengalaman tentang software flex maupun yang lainnya. Ok!

     
  4. Rio

    ok deh, ditunggu postingan slanjutnya. buta banget ttg flex nih

     
  5. Rio

    outbox butuh freelance flex tuh. gue tau dari GF (musti login dulu)

     
  6. TB Saepul Anwar

    iya nih saya lagi nyusun posting berikutnya, soalnya lagi liburan dan nyari tempat kerja praktek 2 yang pas sesuai bidang saya(Flash, Flex, AS 2.0, PHP,etc it's about Web Developer). Ada yang berminat mau merekrut Saya. send me email at general.alien@gmail.com

     
  7. Anonim

    Wow.. Flex geeks are here!
    Salam kenal dari Hakeem di Jakarta
    baru2 ini ngerjain kerjaan Flex/AIR di kantor berita nasional.

     
  8. Anonim

    salam kenal semuanya, saya juga lagi belajar flex

     

Posting Komentar